Apa Sih Bedanya Foundation, BB Cream & CC Cream? Cari Tahu Yuk!

Mahana LIp Cream

Bagi kamu yang lagi suka belajar makeup, wajib hukumnya untuk menggunakan base makeup. Apa itu base makeup? Base makeup ada bermacam-macam jenisnya, tapi yang paling sering dipakai adalah produk alas bedak.

Jadi banyak hal yang harus kamu tahu ketika akan membeli base make up. Yuk pelajari!

1. Foundation

Ya, pada dasarnya Foundation merupakan alas bedak yang berbentuk cair, tapi ada juga yang padat. Foundation memiliki tekstur yang pekat, sehingga mampu menutupi kekurangan wajah dengan baik.

Foundation juga memiliki beberapa tingkat coveragehigh coveragemedium coverage dan low coverage. Jadi, menurut tingkatnya kamu wajib mengetahui seberapa tinggi tingkat coverage yang kamu inginkan.

Ingin terlihat glam dengan full coverage atau mungkin kamu ingin terlihat natural dengan tingkat coverage yang rendah.

2. BB Cream

Dari yang awalnya hanya ada satu jenis base makeup, sekarang ini produsen makeup banyak mengeluarkan inovasi untuk produk base makeup, salah satunya BB Cream. Mirip seperti Foundation, BB krim memiliki tekstur yang lebih ringan namun lebih berat daripada CC Cream.

BB cream yang memiliki kepanjangan Beauty Balm Cream, bisa dibilang merupakan pelembab bewarna. BB cream biasanya memiliki kandungan SPF dan PA yang melindungi kulit dari sinar matahari.

Kandungan antioksidan yang merupakan kandungan utama BB cream, dapat melindungi kulit terhadap radikal bebas dan polusi.

3. CC Cream

Color Correcting Cream atau Complexion Corrector yang sering disebut CC Cream, memiliki formula yang lebih ringan daripada BB cream. Teksturnya yang lembut dan halus, menjadikannya ringan untuk dipakai sehari-hari.

CC Cream merupakan base makeup yang memiliki low coverage. Dibandingkan dengan Foundation atau BB Cream, CC Cream lebih memiliki fungsi menyamarkan noda dan perbedaan warna di wajah.

Tak hanya menyamarkan, CC Cream memiliki kandungan vitamin C yang memberikan nutrisi untuk kulit sehingga terlihat lebih cerah bercahaya. Simplenya, CC Cream merupakan produk base makeup yang sekaligus produk perawatan kulit.

4. DD Cream

Nah, DD Cream ( Dynamic Do-all atau Double Defense) merupakan inovasi yang menggabungkan BB Cream dan CC Cream. DD Cream memiliki banyak fungsi, mulai dari sebagai base makeup, mencerahkan, melembabkan, mengecilkan pori-pori sekaligus anti aging.

DD Cream merupakan produk multifungsi yang memiliki tekstur yang paling ringan daripada BB Cream dan CC Cream, yang mampu memberi kelembaban ekstra. Tak hanya dipakai di wajah, beberapa produk DD Cream juga dapat digunakan dibagian tubuh lain lho, seperti kaki dan tangan.

5. EE Cream

EE cream yang memiliki kepanjangan dari Extra Exfoliating Cream, memiliki fungsi yang paling beda daripada BB, CC dan DD cream. Walaupun merupakan perkembangan dari ketiganya, EE cream berfungsi sebagai pembersih wajah dari kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada di kulit.

Di dalam produk EE cream ditambahkan cleanser dan bahan pengelupas sel kulit mati. Disarankan, penggunaan EE Cream juga tidak dibarengi dengan penggunaan alas bedak lain, karena dapat memicu timbulnya jerawat. Kandungan SPF yang cukup tinggi menjadi hal yang patut diperhitungkan dalam memilih produk ini.

Nah, sudah tahu kan perbedaan dari berbagai base makeup yang ingin kamu gunakan? Balik lagi, jika kamu ingin membeli produk makeup, ada baiknya kamu mengetahui karakter dan kebutuhan kulit kamu.

Mencari tahu bahan yang terkandung dalam suatu produk sangat penting juga lho agar kamu tidak menyesal dikemudian hari. Jadi kira-kira kamu akan pakai produk yang mana nih? Source: https://www.idntimes.com/life/women/erventina-elisabeth-1/apa-sih-bedanya-foundation-bb-cream-amp-cc-cream-cari-tahu-yuk/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *